MEMBANGUN DIKLAT DENGAN TRIO QUALITY Read more

MEMBANGUN DIKLAT DENGAN TRIO QUALITY

MEMBANGUN DIKLAT DENGAN TRIO QUALITY  Oleh : Drs. Junaidi, M.Pd *) A. Latar Belakang       Lembaga diklat merupakan lembaga yang mempunyai tugas dan fungsi untuk meningkatkan sumber daya manusia, maka perlu manajemen dan penataan yang profesional, agar semua kegiatan yang dikelola betul – betul dapat berdampak pada user pengguna  dan memberikan kontribusi   pada steakholder baik […]

Pencitraan Madrasah Melalui Media Massa Read more

Pencitraan Madrasah Melalui Media Massa

Pencitraan Madrasah Melalui Media Massa Oleh: Suyitman, S.Pd.I.*       Pada dasarnya, citra suatu lembaga termasuk madrasah tercipta melalui kinerja seluruh komponen yang ada. Namun jika hanya mengandalkan unsur tersebut, pencitraan madrasah membutuhkan waktu yang lama, karena publik tidak dapat secara langsung melihat prestasi madrasah. Publiklah yang akan menilai baik buruknya kinerja madrasah. Publiklah yang selalu […]

SELAYANG PANDANG PTK BAGI GURU Read more

SELAYANG PANDANG PTK BAGI GURU

SELAYANG PANDANG PTK BAGI GURU Oleh: Samsul Falak, S.S, M.Pd.*) A. Pendahuluan       Tim Pelatih Proyek PGSM (1999) mengemukakan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu, serta memperbaiki […]

UPAYA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI MASA DEPAN Read more

UPAYA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI MASA DEPAN

UPAYA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI MASA DEPAN Oleh: Suyadi *) A. PENDAHULUAN       Perkembangan Upaya Pendidikan dalam masyarakat yang sedang berubah dengan cepat haruslah dilakukan secara menyeluruh dengan pendekatan sistematis-sistematik. Hal ini harus cepat ditangkap oleh civitas diklat yang berkewajiban membina tenaga-tenaga kerja. Pendekatan sistematis adalah perkembangan pendidikan dilakukan secara teratur melalui perencanaan yang bertahap, […]

KEDIKLATAN  BERBASIS KEBUTUHAN DAN MUTU PELAYANAN Read more

KEDIKLATAN BERBASIS KEBUTUHAN DAN MUTU PELAYANAN

KEDIKLATAN  BERBASIS KEBUTUHAN DAN MUTU PELAYANAN  Oleh: Zaenuri *) Abstract       One effort to make appeal to the customer and user training is based on the implementation of the education and training needs and quality of services. To initiate the process has been carried out various policies relating to the implementation of education […]