WIDYAISWARA BDK SEMARANG BERPARTISIPASI DALAM SELEKSI CALON ASESOR S/M

WIDYAISWARA BDK SEMARANG BERPARTISIPASI DALAM SELEKSI CALON ASESOR S/M

Akreditasi sekolah / madrasah adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan suatu Sekolah/Madrasah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh BAN-S/M. Dalam rangka pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah, dibutuhkan asesor yang dapat menguasai penggunaan perangkat akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, termasuk penggunaan software Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi (SisPenA). Agar instrumen tersebut dapat digunakan sesuai dengan ketentuan, perlu diadakan kegiatan Seleksi Asesor bagi para asesor SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK di seluruh Indonesia. Kegiatan di setiap kabupaten akan dilaksanakan oleh BAP-S/M dengan materi dan pelatih (trainer) yang dipersiapkan oleh BAN-S/M.

Seleksi asesor Akreditasi Sekolah/Madrasah menjadi kebutuhan yang cukup signifikan untuk memenuhi ketersediaan para pelatih yang kredibel dan profesional untuk menjadi pendamping akreditasi sekolah/madrasah yang akan dilaksanakan di provinsi seluruh Indonesia. Peserta diharapkan tidak hanya mumpuni dari aspek kognitif, tetapi juga memiliki keterampilan penggunaan aplikasi penilaian dan berakhlak mulia dalam melakukan visitasi dan pendampingan ke sekolah/madrasah nanti.

Baru di tahun 2018 ini, para widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Semarang antusias untuk terlibat dalam kegiatan akreditasi S/M. Setelah melalui beberapa proses seleksi, terpilihlah salah satu widyaiswara utama di BDK Semarang yaitu Bp. Drs. H. Zaenuri, M. Ag sebagai anggota BAP S/M Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 – 2023. Pemilihan anggota BAP S/M ini tidak berapa lama kemudian diikuti dengan seleksi rekruitmen asesor di setiap provinsi.

Kekurangan jumlah personil assessor, update kompetensi asesor dalam hal penggunakan Teknologi Informasi menjadi latar belakang kegiatan perekrutan asesor di berbagai daerah seluruh nusantara. Dalam website BAN S/M http:// bansm.kemdikbud.go.id/berita disebutkan bahwa tujuan kegiatan ini antara lain untuk:memenuhi kebutuhan informasi/sosialisasi menjelaskan tentang akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu, mekanisme dan prosedur pelaksanaan, dan penggunaan perangkat akreditasi SD/MI,  SMP/MTs, SMA/MA dan SMK; memenuhi kebutuhan asesor yang memiliki kompetensi dalam menggunakan perangkat akreditasi, melalui praktik visitasi ke SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK dan mengolah hasil penilaian dengan menggunakan software Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi; danmelaksanakan visitasi secara tuntas dan merata di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK kabupaten masing-masing.

Lebih dari 5 widyaiswara BDK Semarang mengirim berkas pendaftaran asesor S/M Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 ini. Namun seleksi ini nantinya hanya akan diambil sebanyak 40 orang dosen/ pengawas/ guru/ praktisi pendidikan/ widyaiswara terpilih. Dari total sejumlah 367 pendaftar telah terseleksi secara administratif hingga tersisa 167 orang. Calon asesor sebanyak 167 orang tersebut harus melengkapi persyaratan secara online dalam waktu yang cukup terbatas hingga menyisakan 137 orang. Terakhir, pada hari Sabtu, tanggal 23 Juni 2018 yang lalu telah diadakan Ujian Kompetensi Tertulis, Ujian Kompetensi IT/Komputer dan Wawancara.

Dalam acara ujian yang diselenggarakan di LPMP Jawa Tengah tersebut Ketua BAP S/M Jawa Tengah, DR. Iwan Junaedi, menyampaikan harapan agar seluruh peserta yang telah mengikuti serangkaian proses seleksi ini mengerjakan tes dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memberikan usaha terbaiknya. Namun jika memang belum berhasil dalam seleksi nanti, mohon kiranya tetap berkiprah memberikan kontribusi di dunia pendidikan Indonesia melalui jalur yang lain. Secara umum kegiatan ujian seleksi asesor S/M Jawa Tengah Tahun 2018 ini berjalan cukup lancar meskipun banyak tahapan yang dilakukan secara daring.

Akhir rangkaian proses seleksi ini tinggal menunggu hasil final, yaitu 40 orang peserta terseleksi. Semoga sukes semuanya untuk para Widyaiswara BDK Semarang: 1. Ibu Rr. Sri Sukarni K, M. Pd, 2. Ibu Hj. Amiroh A, MA, 3. Ibu Lily Nurulia, SS, M. Pd, dan 4. Ibu Ratna prilianti, SSi, M. Pd dalam mengembangkan sayap pengabdiannya di dunia penjaminan mutu pendidikan di Indonesia! (Ly)