Top
    bdksemarang@kemenag.go.id
(024) 7472551

Sambutan

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…

Puji syukur kepada Allah, atas Karunia Rahmat-Nya. Sholawat serta salam, semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabat.

Pelatihan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam suatu organisasi. Mengingat, kemajuan suatu organisasi sangat tergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).  Ini berarti, SDM merupakan aset penting yang harus dikelola dengan baik. Salah satu cara mengelola SDM, adalah melalui pelatihan. Melalui Pelatihan, kualitas SDM dapat ditingkatkan sesuai dengan harapan organisasi.

Mewujudkan SDM yang berkualitas, hanya dapat dicapai oleh lembaga diklat yang berkualitas pula, yang di antara cirinya adalah kredibel, profesional dan akuntabel. Untuk mewujudkan lembaga diklat yang demikian, tentu bukan hal yang mudah. Akan tetapi membutuhkan determinasi, usaha keras, integritas internal, sinergitas internal, sinergitas dengan stakeholder, sistem pengendalian yang berkesinambungan dan do’a. Kerja-kerja ini semua telah dilakukan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang.

Melalu kerja-kerja tersebut di atas, Alhamdulillah Balai Diklat Keagamaan Semarang telah sukses mencapai salah satu ciri organisasi yang berkualitas, antara lain:

  1. Akreditasi B dari Lembaga Administrasi Negara untuk penyeleggaraan Diklatpim Tk. IV;
  2. Akreditasi C dari Lembaga Administrasi Negara untuk penyeleggaraan Latsar;
  3. Akreditasi A dari Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan untuk penyeleggaraan Diklat Tenaga Teknis Pendidikan;
  4. Akreditasi A dari Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan untuk penyeleggaraan Diklat Tenaga Teknis Keagamaan;
  5. Akreditasi Berkualitas dari Pusdiklat Tenaga Administrasi untuk penyeleggaraan Diklat Administrasi;
  6. Lembaga Diklat yang berintegritas Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi;
  7. Lembaga Pelopor dan Penggerak Pembangunan Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Agama;
  8. Lembaga Diklat peraih predikat Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Pencapaian tersebut bukan semata peran orang perorang, akan tetapi peran seluruh pegawai Balai Diklat Keagamaan Semarang,  peran para pemangku kepentingan (stakeholders) di wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan Semarang dan peran para pimpinan di pusat yang telah memberikan fasilitasi dan dukungan kebijakan.

Selanjutnya, apakah capaian Balai Diklat akan berhenti sampai di sini saja? Jawabanya adalah TIDAK. Balai Diklat Keagamaan Semarang memiliki himmah dan ‘azimah untuk menjadi lembaga pelatijhan yang lebih baik lagi. Memberikan layanan pelatihan yang lebih baik lagi, melalui berbagai inovasi layanan, seperti: Pelatihan Jarak Jauh  Omline (e-learning), Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan elektronik (e-sertifikat), Open Jurnal System (Jurnal Online). Inovasi-inovasi ini dilakukan sebagai upaya Balai Diklat Keagamaan Semarang menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2021.

Demikian sambutan saya dan saya akhiri

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.