Top
    bdk_semarang@kemenag.go.id
(024) 7460290 / 0821117777

ASN DIHARAPKAN DAPAT BERWAWASAN GLOBAL YANG MAMPU MENGUASAI INFORMATION TECHNOLOGY (IT)

Rabu, 16 Maret 2022
Kategori: Berita
693 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - Balai Diklat Keagamaan Semarang menggelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan ke 10 (X). Pembukaan melalui daring zoom meeting diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur dan Kanwil provinsi Sulawesi Utara serta beberapa Perguruan Tinggi Islam dari Jawa Tengah, D.I.Yogyakarta dan Jawa Timur.

Pelatihan PKA X ini, dilaksanakan berdasarkan Peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN)  Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Penyelenggaraan PKA bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Administrator.

Kepala BDK Semarang Drs. H. Anshori dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan pelatihan KPA akan dilaksanakan mulai  tanggal 16 Maret – 25 Juni 2022 dengan pola Blended Learning selama 91 hari. Pelaksanaan secara klasikal dilaksanakan di BDK Semarang. “Kegiatan ini dibebankan pada DIPA Pusdiklat Tenaga Administrasi tahun 2022,”imbuhnya.

Sementara Sekretaris Jendral Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Nizar Ali menyampaikan sebagaima kita ketahui Visi Indonesia adalah  mandiri, adil dan makmur, sehingga tahapannya dapat kita uraikan yang pertama God Government, selanjutnya reformasi birokarasi, ASN Smart, Human Capital, maka pelaksanaan PKA X ini menjadi strategis dengan tantangan kedepan yang semakin komplek.

Nizar Ali menambahkan melalui pelatihan ini diharapkan terwujud kompetensi kepemimpinan visioner, yaitu kemampuan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan strategis untuk menangani isu nasional strategis, dan mampu memimpin untuk meningkatan kinerja instansinya melalui penetapan visi atau arah kebijakan yang tepat. “ASN diharapkan dapat berwawasan global yang mampu menguasai Information Technology (IT) dengan tidak lagi canggung dalam mennggunakan perangkat IT, seperti ketika melaksanakan kegiatan melalui zoom jangan sampai ketika akan share screen saja belum paham,” Ujarnya.

Terkait kompetensi, Nizar Ali ada 3 kompetensi yang harus dimiliki al. Pertama adalah kompetensi teknis yang dapat diukur dari pendidikan dan  pengalaman bekerja, kedua kompetensi majareial yang dapat diukur dari pengalaman kepemimpinan dan terakhir adalah kompetensi kultural kompetensi ini menunjuk kepada seperangkat perilaku, sikap, dan kebijakan yang bersifat saling melengkapi dalam suatu sistem kehidupan dan kultur yang berbeda.

Penyelenggaraan PKA X di BDK Semarang ini merupakan kegiatan mandatory dari Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian RI, bersama tiga pelatihan PKA yang lain yakni BDK Banjarmasin, Palembang dan Denpasar. [Muklasin]

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

Tidak ada berita terkait

ARSIP