Top
    bdk_semarang@kemenag.go.id
(024) 7460290 / 0821117777

TUGAS GURU RA SANGAT PENTING UNTUK MEMBANTU MELETAKKAN DASAR KEARAH PERKEMBANGAN SIKAP PRILAKU, PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN DAYA BAGI ANAK

Senin, 28 Maret 2022
Kategori: Berita
1222 kali dibaca

BDK KITA, Kab. Demak - Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang laksanakan Pelatihan Pembelajaran Tematik Raudhatul Athfal (RA) di Kankemenag Kab. Demak. Kegiatan dibuka oleh Kasubag Tata Usaha Kankemenag Kab. Demak. H. Nur Fauzi, S.Ag., M.Pd.I. Dalam sambutannya Nur Fauzi berharap Semoga pelaksanaan Pelatihan Pembelajaran Tematik RA dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, sehingga ilmu yang didapatkan dapat meningkatkan kualitas di RA masing-masing. “ Kegiatan pembukaan ini berbarengan dengan Hari Ulang Tahun Kab. Demak yang ke 519,” Ujarnya

Lebih lanjut Nur Fauzi menambahkan bahwa tugas guru RA sangat penting yaitu untuk membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap prilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik agar menjadi muslim yang menghayati dan mengamalkan agama serta menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan kepentingan pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.

Kegiatan ini adalah merupakan kegiatan yang ditunggu - tunggu  oleh para guru, utamanya untuk guru yang bersatus ASN karena ada nilai plus untuk peningkatan kompetensi, begitu juga bagi guru yang belum berstatus ASN, akan tetapi tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri , tetapi ilmu yang diperoleh agar dikembangkan untuk memajuan RA yang menjadi tempat tugasnya.

Sementara mewakili Kepala BDK Semarang Drs. H. Darwiyanto, M,Ed. Menyampaikan bahwa pelatihan ini akan berjalan selama 6 hari dimulai tgl 28  sampai dengan 2 April 2022 dengan durasi 52 (JP) Jam Pelajaran. Lebih lanjut Darwiyanto menyampaikan pembelajaran yang dilaksanakan pada pendidikan anak usia dini yaitu pembelajaran tematik, dengan tujuan memberikan konsep-konsep dasar yang memiliki kebermaknaan bagi anak melalui pengalaman nyata yang memungkinkan anak untuk menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu (curiousity) secara optimal. Sebagaimana tercantum dalam lampiran I Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bahwa karakteristik Kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam pemberian rangsangan pendidikan.

 Diakhir sambutan Darwiyanto mengajak untuk mengikuti pelatihan ini dengan semangat karena kegiatan nanti akan berakhir dengan datangnya bulan Ramadhan, semoga kegiatan berjalan lancar dan membawa manfaat.

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

Tidak ada berita terkait

ARSIP