Top
   
(024) 7460290

BDK SEMARANG MENJADI SATKER BERPREDIKAT WBK PERLU DIGALI SEBAGAI BEKAL LPMQ MENUJU WBK

Jumat, 11 Maret 2022
Kategori: Berita
186 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang menerima kunjungan studi banding dari Tim Zona Integritas (ZI) Lembaga Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) dalam Rangka Penilaian Mandiri Reformasi dan Birokrasi dan Zona Integritas. Penerimaan kunjungan oleh Drs. Junaidi ( Tim ZI ) mewakili Kepala BDk yang pada saat bersamaan sedang melakukan penandatangan MOU dengan Kankemenag Kab. Cilacap. Junaidi mengucapkan terimakasih  atas kedatangan Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an untuk melakukan Studi Banding pada Pembangunan ZI. Kami memohon maaf jika Tim ZI belum lengkap karena beberapa Tim lainnya sedang melaksanakn tugas ke daerah untuk melaksanakan Pelatihan di Wilayah Kerja.

Junaidi jga menyampaikan keberhasilan BDK Semarang yang telah meraih ISO Manajemen Mutu dan Anti Penyuapan, kami berhasil dan satu-satunya BDK  yang meraih ISO tersebut. Untuk pendampingan ISO BDK Lainnya sudah dilakukan. Tim ZI BDK Semarang saat ini sedang mempersiapkan Eviden paling lambat 16 Maret 2022. Feri Kurniawati selaku Sekretaris  ZI BDK Semarang, menyampaikan pemaparan  pembangunan ZI, kehadiran LPMQ dapat menambah motivasi dan dapat saling menukar informasi. WBK yang dilaksanakan oleh BDK Semarang belum dapat dikatakan sepenuhnya berhasil akibat adanya kendala mengingat pelaksanaan WBK yang dilakukan sejak tahun 2019 tidak hanya melibatkan tim ZI, namun semua karyawan BDK Semarang. Pemutaran video profil BDK Semarang pun tak dilewatkan sebagai perkenalan kepada LPMQ.

Cara BDK Semarang dalam membentuk serta membangun komitmen tim untuk melaksanakan kegiatan menjadi pertanyaan oleh LPMQ yang dijawab oleh Ibu Feri. Diperlukan dorongan untuk membentuk hal tersebut mengingat banyaknya unsur tim ZI dari masing-masing seksi dan dari Widyaiswara yang terlibat dalam tim maka diperlukan komitmen, kontrol, pembentukan suasana guyub rukun serta evaluasi dari pimpinan sangat berpengaruh terutama motivasi serta evaluasi berkala dari ketua tim. Berlangsungnya pandemi tak menjadi halangan setiap grup untuk tetap aktif menggunakan komunikasi via online.

Asep Zaenal Arif, S.H. Analis Kepegawaian Ahli Pertama  mewakili Tim LPMQ memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan pendapatnya bahwa apa yang telah diraih BDK Semarang menjadi Satker yang berpredikat WBK perlu digali sebagai bekal LPMQ yang dapat dikatakan masih dalam tahap merintis. Banyak upaya telah dilakukan LPMQ, namun tak menyulut adanya kesadaran untuk melakukan perubahan yang diterapkan pada setiap area. Asep Zaenal menambahkan jika  di LPMQ Pencanangan ZI ini sudah dilakukan salah satu inovasi layanan Pentashihan, Pelayanan Pengunjung BQMI, Penerbitan Mushaf Al - Qur’an, Pengkajian Al-Qur’an.
Diakhir sambutannya Asep Zaenal  juga mengutarakan bahwa suatu kehormatan bagi LPMQ dapat melakukan studi banding dengan BDK Semarang  sehingga dapat memperoleh kiat-kiat dari BDK dalam menuju WBK. Dan berharap agar yang disampaikan dan dipaparkan oleh BDK Semarang dapat memberikan motivasi dan langkah-langkah maupun kiat-kiat dalam rangka  menuju WBBK. [Tarisa/Muklasin]

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP