Top
   
(024) 7472551

Guru MTsN 9 Bantul Berada di Belakang Kesuksesan Murid - Muridnya

Senin, 28 Juni 2021
Kategori: Berita
255 kali dibaca

Pada hari kamis tanggal 24 Juni yang lalu, MTsN 9 Bantul mendapat kabar gembira. Dua tim riset siswa kelas 7 dan 8 berhasil menggondol emas dalam IEI2C (Indonesian Education International Innovative Competition) 2021 yang diselenggarakan oleh IFPRI (Indonesian Federation Publisher of Research Innovation) di Inggris. Penjurian kompetisi ini dilaksanakan secara online melalui zoom meeting pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 19 dan 20 Juni 2021. Semua tim yang ikut dalam kompetisi ini wajib mempresentasikan penelitian mereka, menunjukkan cara kerja alat yang dipakai dan menjawab pertanyaan juri dalam Bahasa Inggris.

Tim pertama yang berhasil menyumbang emas untuk Masemba beranggotakan lima siswa. Mereka adalah Chanifah Alya Azizah 8C, Pratistia Sekar Rahmadani 8C, Aisyah naufa 7A, Gita Freya 7E dan Ahmad Fei Yang 7B. Tim ini mengangkat judul BIAD MAX – (Bioharmonic Audio Max Device) as Modern Agriculture Hydroponic Systems with Self-Charging Solar Panels Integrated with the Internet of Things (IoT). Tim kedua digawangi oleh 3 peneliti muda, Atiqah Hayaa Nur 8D, Cut Zora Felita 7B dan Indry Puspita Sari 7B. Mereka mampu menyabet emas dengan penelitian berjudul IoT-Based Chicken Coop Temperature and Humidity Monitoring System.


Tentu keberhasilan siswa - siswi ini tidak lepas dari para guru yang membimbing mereka. Perlu diketahui bahwa para guru dari MTsN 9 Bantul ini banyak yang merupakan alumni dari pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Semarang. Mulai dari Kepala Madrasah dan jajarannya merupakan alumni dari pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Semarang yang sebelumnya sempat diwawancara pada kegiatan Tracer Alumni yang BDK Semarang laksanakan pada beberapa bulan lalu.

Daftar Alumni Pelatihan dari Balai Diklat Keagamaan Semarang di MTsN 9 Bantul antaralain sebagai berikut :

1. Nur Hasanah Rahmawati, SAg, MM. Diklat DDWK Revolusi Mental thn 2020. Meraih Peringkat 1.

2. Novi Widyaningtyas, S.Pd. Diklat wawasan kebangsaan bagi guru tahun 2021.

3. Andrian Eka Saputra, S.S., Diklat Bahasa Indonesia MTs Tahun 2021, Meraih Peringkat 1.

4.Tri Sutrisni Wahyuningsih, S.Pd., Diklat media pembelajaran Tahun 2020,
Diklat moderasi beragama tahun 2021.

5. Agung Setyo Winarso, S.Pd., Diklat wawasan kebangsaan tahun 2021.

6. Mawar Udin, S.Pd.I Diklat media pembelajaran 2020, moderasi beragama tahun 2021

7. Mu'ad Irmawan, S.Si, Diklat Penilaian Pembelajaran 2020,

8. Armi Setyasih, S.Pd. Diklat Guru Bahasa Inggris MTs Tahun 2021. Meraih Peringkat 1.

9. Amin Iskandar,S.Pd. Diklat Guru Bahasa Inggris MTs Tahun 2021

10. Noor Shofiyati, S.Pd. Diklat Di Wilayah Kerja Publikasi Ilmiah Tahun 2020 dan Diklat PJJ Online Media Pembelajaran Berbasis Multimedia bagi Guru Madrasah Angkatan 3 Tahun 2020

Nama - nama diataslah yang menjadi salah satu pihak yang mendukung dan mengarahkan, para murid untuk mendapatkan prestasi.

"Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Di Depan, Seorang Pendidik harus memberi Teladan atau Contoh Tindakan Yang Baik, Di tengah atau di antara Murid, Guru harus menciptakan prakarsa dan ide, Dari belakang Seorang Guru harus Memberikan dorongan dan Arahan." Ki Hajar Dewantara.

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP