Top
   
(024) 7472551

KEPALA KANKEMENAG KAB. KLATEN; KITA PARA ASN ADALAH KHODIMUL UMMAH

Selasa, 31 Oktober 2023
Kategori: Berita
382 kali dibaca

(BDK KITA - Klaten) Pelaksanaan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Pada Instansi Pemerintah Bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Di Wilayah Kerja yang selenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang pada minggu ini merupakan kegiatan periode VIII atau periode terakhir. Pada periode ini orientasi dilaksanakan mulai tanggal 31 Oktober – 3 November 2023, dilaksanakan di 3 lokus yakni di Wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Kabupaten Kulon Progo dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pada Kegiatan Orientasi PPPK yang berlangsung di Wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dilaksanakan dalam 3 kelas, yakni Angkatan 71, 72 dan 73. Bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten ini, upacara pembukaan Orientasi ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, H. Hariyadi, S.Ag., M.Si, dan dihadiri oleh para Widyaiswara pengajar dari BDK Semarang. (31/10/2023)

Drs. H. Nafiuddin, M.Si., M.Pd., dalam sambutannya mewakili Kepala BDK Semarang mengatakan, “Pertama kami menyampaikan salam Kepala BDK Semarang, beliau belum bisa hadir dikarenakan ada tugas dinas lain. Insya Allah, hari ini atau besok beliau akan hadir di sini untuk bertemu dengan para peserta orientasi”. Pada orientasi ini para PPPK akan dikenalkan lebih dalam berkaitan dengan substansi tupoksi Kementerian Agama beserta regulasinya, tambah Widyaiswara Madya BDK Semarang ini.


Sementara Hariyadi dalam pengarahannya kepada para PPPK mengatakan, “Bapak/Ibu sebelum menjadi PPPK dan setelah menjadi PPPK, harus ada perubahan yang berarti, baik dari segi kinerja maupun kedisiplinan”. Melalui orientasi PPPK akan dikenalkan bagaimana bersikap, bertindak dan berbuat sebagai seorang ASN, yang mencerminkan ASN yang BerAKHLAK. “Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, harus menjadi Nafas ASN, termasuk para PPPK’, tegas Hariyadi.

“Kita bukan Pangreh Projo, kita ASN adalah Khadimul Ummah. Kita bukan kaum penguasa lokal, atau bangsawan orang yang harus dilayani. ASN saat ini adalah khadimul ummah, pelayan umat, pelayan masyarakat melalui Kementerian Agama’, tegas Hariyadi. Ia menambahkan para PPPK bagian wajah Kementerian Agama harus juga mengawal 7 tujuh program prioritas yaitu: Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiosity Index, dan Tahun Kerukunan Umat Beragama.

Mengakhiri Pengarahannya Hariyadi berpesan kepada 95 peserta orientasi, “Setelah mendapat materi orientasi ini, kami berharap Kinerja para PPPK bertambah, kedisiplinan anda menjadi lebih baik, karena anda membawa Wajah Kementerian Agama. ‘Joget’ (perilaku) anda semua menjadi Cerminan ASN Kementerian Agama di wilayah Kabupaten Klaten. Selanjutnya, Kakankemenag ini membuka secara resmi kegiatan orientasi PPPK dan secara simbolis mengalungkan tanda kepesertaan.


Penulis : Nuruz Zaman Amsa, Foto : Afiati Mutmainnah

Editor : Tim Publikasi BDK Semarang

Sumber : Panitia ODWK 2023 ; Tim Publikasi BDK Semarang


Berita Terkait

ARSIP