Top
   
(024) 7460290

MUCHAMMAD TOHA : ASN HARUS MAMPU BERIKAN KEPERCAYAAN KEPADA NEGARA MELALUI KERJA JUJUR

Rabu, 01 Maret 2023
Kategori: Berita
233 kali dibaca

BDK KITA, Kab. Wonogiri - Negara harus kita percayakan bahwa kita sebagai ASN yang bekerja dan berkinerja dengan baik karena saat ini negara belum percaya dengan pekerjaan kita. "Ukuran bahwa negara belum percaya dengan kinerja kita adalah kita dituntut untuk melaporkan hal yang kita kerjakan setiap jam dan setiap harinya.” Jelas Kabalai. Jika negara belum percaya, maka kita akan dikejar - kejar terus oleh laporan.

Lebih lanjut Toha menegaskan yang paling penting adalah dengan meningkatkan kejujuran kita sehingga laporan kita tidak perlu membuat laporan secara fisik yang sifatnya administrative. Mental pembohong menjadikan negara lebih miskin, sementara negara lain semakin kaya. Maka ini terus dituntut supaya kinerja kita meningkat tapi antara laporan dan dengan pelaksanaan kinerja harus selaras dan sesuai,” ungkap Muchammad Toha, Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang.


Hal tersebut disampaikan Toha saat memberikan materi pada kegiatan Pelatihan Kinerja Staf di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang. Kegiatan yang berlangsung di Rumah Makan Resto Jawi Wonogiri ini diikuti oleh para ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri pada Selasa, (01/03/2023).

Ketika kita sudah sadar bahwa negara menggaji kita, maka apa yang kita terima harus dijawab denga apa yang kita berikan untuk negara. Kerja kita merupakan kerja mengurusi dan melayani manusia, sehingga apa yang kita lakukan akan dinilai banyak orang. Pelayanan terhadap masyarakat itu pekerjaan yang sulit. “Bisa jadi menurut kita baik, tapi karena kultur di masyarakat yang berbeda, maka perbaikan dan kerja yang kita lakukan belum tentu diangap baik oleh masyarakat. Meski kerja kita sudah sesuai prosedur tapi orang belum merasa belum puas, maka kita akan dipermasalahkan.”pungkas Toha mengakhiri materinya.

Penulis : Umul/Muklasin

Editor : Fandy Akhmad

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP