Top
   
(024) 7472551

Muchammad Toha : Mengasah Mingising Budi, Memasuh Malaning Bumi

Selasa, 02 Mei 2023
Kategori: Berita
786 kali dibaca

BDK KITA Semarang — Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 dilaksanakan di halaman BDK Semarang yang diikuti oleh seluruh pegawai dan para tenaga honorer (2/5). Upacara rutin yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei adalah sebagai ungkapan rasa bangga kepada perjuangan bapak perintis pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada setiap tanggal 2 Mei tersebut merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan fondasi pendidikan di Indonesia.

Bertindak sebagai pembina Upacara, Kepala BDK Semarang Dr. H. Muchammad Toha, S.Ag., M.Si. mengajak kepada seluruh pegawai untuk terus meningkatkan kompetensi. Kepala Balai juga menambahkan pesan yang pernah diajarkan oleh Sri Sultan HB X yaitu "Mengasah Mingising Budi, Memasuh Malaning Bumi". Yang artinya mengasah ketajaman akal-budi membasuh malapetaka bumi. Relevensinya, kini kita harus meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan, bersamaan dengan melestrikan lingkungan, juga sifat-sifat serakah "3G" golek menange dewe, golek butuhe dewe, golek benere dewe, saatnya dicuci habis.

Diakhir amanahnya Kepala Balai mengharap kepada seluruh pegawai “Teruslah  tingkatkan kompetensi, dan melaksanakan pekerjaan dengan budi pekerti yang baik sehingga tercipta keharmonisan sesama pegawai untuk mendapatlkan hasil dan prestasi kerja yang baik.” Pungkas Muchammad Toha.

Penulis : Muklasin

Editor : Fandy Akhmad

Sumber :


Berita Terkait

Tidak ada berita terkait

ARSIP