Top
   
(024) 7460290

Pembekalan Peserta dan Mentor Latsar CPNS Blended Learning BDK Semarang

Jumat, 30 Juli 2021
Kategori: Berita
2201 kali dibaca

(BDK KITA – Semarang) Rencana penyelenggaraan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Tahun 2021 oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang akan dilaksanakan dalam kurun waktu bulan Agustus sampai dengan Desember 2021. Kegiatan Latsar akan diselenggarakan berdasarkan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil, yang diikuti oleh Keputusan Kepala LAN nomor 93 Tahun 2021, tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS dan Keputusan Kepala LAN nomor 94 Tahun 2021 tentang Kurikulum Pelatihan Dasar CPNS, yang akan dilaksanakan dalam bentuk Blended Learning. Latsar akan diikuti oleh 424 CPNS di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, CPNS pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), Sekolah Tinggi Agama Budha Negeri Raden Wijaya Wonogiri, Balai Diklat Keagamaan Semarang serta Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.

Menyambut pelaksanaan Latsar tersebut, BDK Semarang mengadakan Pembekalan Calon Peserta dan Mentor Latsar CPNS Gol. III yang dilaksanakan secara daring pada hari ini (30/07/2021). Pada awal pembekalan Subkoordinator Pelatihan Tenaga Administrasi BDK Semarang, H. Abdul Wahib Amsa, menyampaikan “Pelaksanaan Latsar Blended Learning berjumlah 647 Jam pelajaran (JP), setara 74 hari kerja yang dilaksanakan dalam 3 pembelajaran yakni, pertama Pelatihan mandiri Massive Open Online Course (MOOC), melalui LMS SWAJAR selama 16 hari kerja yang dikelola LAN, kedua Distance Learning, dalam dua bentuk E-Learning selama 22 hari dan Aktualisasi 30 hari berlangsung di kedudukan peserta yang dikelola oleh LAN dan BDK Semarang melalui LMS Kolabjar. Pembelajaran, ketiga Klasikal yang dilaksanakan selama 6 hari di Kampus Balai Diklat Keagamaan semarang”.

Lebih lanjut Abdul Wahib Amsa menjelaskan, bahwa setelah peserta Latsar CPNS yang berjumlah 424 orang melaksanakaan pembelajaran MOOC sejak bulan Februari di bawah pengelolaan LAN, maka selanjutnya peserta akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Distance Learning (E-Learning dan Aktualisasi) dan pembelajaran Klasikal yang akan dilaksanakan dalam 3 periode; periode pertama, 2 Agustus – 2 oktober 2021 sebanyak 4 angkatan, periode kedua 30 Agustus – 6 November 2021 sebanyak 4 angkatan dan periode ketiga, 4 Oktober – 4 Desember 2021 sebanyak 3 angkatan. Selanjutnya juga diberikan penjelasan mengenai Agenda-agenda materi, aktualisasi, tata tertib kepesertaan, proses penilaian sampai dengan kelulusan peserta Latsar CPNS.

Sementara Widyaiswara BDK Semarang H. Sholihin menjelaskan, tugas dan fungsi mentor memberi motivasi, inspirasi, mendukung pelaksanaan kegiatan peserta Latsar CPNS serta mengikuti seminar rancangan dan laporan Aktualisasi. Peran dan tugas ini harus diberikan mentor kepada peserta Latsar CPNS pada saat pembelajaran Distance Learning, penyusunan rancangan Aktualisasi, Aktualisasi, Seminar Rancangan, pembelajaran Klasikal dan seminar Aktualisasi, “Begitu penting peran dan fungsinya, maka Mentor bukan saja melakukan mentoring tapi juga berperan orang tua, pelatih, fasilitator, rekan, pengawas, pengendali dalam proses perubahan menuju kearah reformasi birokrasi yang baik” tambahnya.

Pada akhir kegiatan pembekalan H. Abdul Wahib Amsa, mewakili pimpinan BDK Semarang meminta dukungan stakeholder dalam menyukseskan pelaksanaan Latsar CPNS Pembekalan Latsar Blended Learning di Tahun 2021. Tercatat dalam kegiatan pembekalan ini diikuti oleh sekitar 900 lebih peserta yang terdiri dari Seluruh peserta CPNS Latsar, para Mentor, Pejabat, Widyaiswara dan Pegawai BDK Semarang baik yang mengikuti melalui Zoom meeting maupun melalui Live Streaming Youtube. (Nuruz Zaman Amsa)

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP