Top
    bdk_semarang@kemenag.go.id
(024) 7460290 / 08-222-555-9177

Seminar Produk Penulisan Laporan PTK

Selasa, 13 April 2021
Kategori: Berita
1051 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - BDK Semarang selenggarakan Seminar Produk, Festival Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada 12 - 13 April 2021. Kegiatan seminar ini merupakan rangkaian kedua dalam penentuan pemenang dari Festival Penulisan Laporan PTK. Sebelumnya, tahap pertama adalah seleksi finalis; tahap kedua seminar produk, yaitu kegiatan dimana para finalis mempresentasikan naskah yang telah mereka kirimkan; dan yang ketiga adalah  kegiatan ekspose, dimana peserta akan memaparkan laporannya dalam bentuk video proses dengan ketentuan yang telah ditentukan.

Ketua Panitia Kegiatan seminar PTK Drs. Junaidi, M.Pd. dalam laporannya menyampaikan  manfaat dari kegiatan ini untuk menghasilhan laporan lapopran PTK yang dapat dijadikan bahan panduan guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran, menumbuhkembangkan kebiasaan, budaya dan atau tradisi meneliti dan menulis artikel karya ilmiah di kalangan guru. Jumlah pendaftar festifal seminar KTI ini sebanyak 39 orang, 2 tidak mengirimkan berkas, 2 orang tidak lolos seleksi administrasi serta ada satu peserta yang tidak lolos cek plagiasi, akhirnya 34 peserta lolos untuk ikut tahap penilaian dan terpilihlah 5 orang yang menjadi finalis. Para finalis tersebut antara lain adalah sebagai berikut : 

1. Akhmad Wakhidillah Agung P., S.Pd.I.
Unit Kerja : MAN 1 Gunungkidul
Judul Naskah : UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR MATERI TOLERANSI MELALUI MEDIA E-EARNING GESCHOOL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 MAN 1 GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

2. Arum Setyaningsih, S.Pd.I.
Unit Kerja : MTs Negeri 4 Gunungkidul
Judul Naskah : PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR  SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM  MATERI ILMUWAN DAN ULAMA DAULAH ABBASIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU E-MODUL INTERAKTIF BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 4 GUNUNGKIDUL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

3. Widodo Lestari, S.Pd.
Unit Kerja : MAN 4 Bantul
Judul Naskah : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA MAN 4 BANTUL KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

4. Maryono, S.Pd.I
Unit Kerja :  MTs Negeri 5 Cilacap
Judul Naskah : UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII SEMESTER I  MTS MA’ARIF NU 01 KROYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

5. Untung Budiono
Unit Kerja : MTs Negeri 2 Pemalang
Judul Naskah : MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 2 PEMALANG SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Kelima finalis diatas dalam pelaksanaan presentasinya dihadapan para juri, diberi waktu sebanyak 15 menit untuk menyampaikan materinya, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para dewan juri. Penjurian pada seminar ini dilakukan oleh 6 juri dari Balai Diklat Keagamaan Semarang dan 1 juri dari LPMP Jawa Tengah yaitu ibu Dr. Alif Noor Hidayati, M.Pd. Adanya juri dari luar Balai Diklat Keagamaan Semarang dimaksudkan untuk mempertegas akuntabilitas kegiatan. Lebih dari itu, ke-29 peserta lain yang belum lolos untuk menjadi finalis diberikan fasilitas berupa link zoom seminar yang di tujukan agar peserta yang belum berkesempatan dapat turut mengikuti dan mengawasi jalannya seminar produk finalis. Selain itu Balai Diklat Keagamaan Semarang juga melakukan live youtube yang dimaksudkan agar publik dapat turut menyaksikan jalannya presentasi dari para finalis. Untuk tayangan ulang dari seminar produk dapat dilihat dibawah ini.

Ka. BDK Semarang Drs. H. Anshori dalam sambutan pembukaan menyampaikan agar para Widyaiswara terus berinovasi demi terwujudnya pelayanan yang baik yang pada akhirnya akan membawa kemanfaatan dan kemaslahatan bagi para guru, ASN dan kita semua.  Tujuan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan mutu isi, masukan , proses, hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari SD, SMP,SMA dan SMK, membantu guru dalam mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas serta mengidentifikasi, menemukan solusi dan mengatasi masalah juga memperkuat kemampuan guru dalam pemecahan masalah. [Muklasin/Fdy]

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP