Top
   
(024) 7472551

BDK SEMARANG MEMPERINGATI HARI SANTRI NASIONAL 2023 BERSAMA MASYARAKAT

Minggu, 22 Oktober 2023
Kategori: Berita
584 kali dibaca

(BDK KITA – Semarang) Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang menyelenggarakan Apel Pagi memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023. Apel pagi yang dimulai pukul 07.30 WIB juga tidak saja diikuti oleh ASN tetapi juga diikuti para santri dari Pondok Pesantren, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan Raudhatul Athfal (RA) yang berada disekitar Kampus BDK Semarang ini berlangsung di halaman BDK Semarang. (22/10/2023)

Bertindak sebagai Pembina Apel HSN, Koordinator Widyaiswara H. Darwiyanto, S.Pd., M.Ed., mewakili Kepala BDK Semarang yang sedang mengikuti Peringatan HSN di Surabaya. Saat memberikan amanatnya Darwiyanto mengatakan, “Saudara-saudara sekalian, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan”.


Apel pagi ini diikuti sekitar 400 peserta yang mayoritas berpakaian Putih dan mengenakan sarung atau mengenakan busana Muslimah. Peserta apel terdiri dari para ASN dan Tenaga Kontrak BDK Semarang. Selain itu juga diikuti oleh para santri dari sekitar BDK Semarang, antara lain dari para santri dari Ponpes Gumuk Al-Hasan, Ponspes Nahdlotul Nidhom, TPQ Hidayatullah, TPQ Musholla Qoulussalam, TPQ Masjid Al-Ihsan, RA Nurul Ihsan dan beberapa Anggota Fatayat, Muslimat dan Anggota Banser NU di lingkungan Banyumanik.

“Sejak ditetapkan tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbesa. Untuk tahun 2023 ini peringatan Hari Santri mengangkat Tema “Jihad Santri Jayalah Negeri” kata Darwiyanto. Santri harus menjadi menjadi contoh yang baik dalam Masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi dan persaudaraan. Tentunya, kita juga harus mengingat, betapa besar peran para santri dalam Sejarah perjuangan bangsa ini, mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia, tambah Darwiyanto.

Pembaca Do’a apel HSN, Khoirul Mamduh pengasuh Ponpen Nahdlotul Nidhom Banyumanik mengaku sangat senang bisa Bersama-sama memperingati HSN di BDK Semarang. Ia mengatakan, bahwa selain para santri beberapa tokoh dilingkungan Kelurahan Banyumanik juga hadir, antara lain Para tokoh Agama, para Ustadz/ustadzah, ketua RT/RW, dan Anggota Babinsa dari Koramil banyumanik.

Penulis : Nuruz Zaman Amsa, Fotografer : Nazarudin Latif

Editor : Tim Publikasi BDK Semarang

Sumber : Humas dan Tim Publikasi BDK Semarang


Berita Terkait

ARSIP