Top
   
(024) 7460290

CALON PENGHULU MELAKSANAKAN SEMINAR HASIL OJT

Selasa, 30 Mei 2023
Kategori: Berita
83 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - Terwujudnya Pendidikan dan Pelatihan yang handal dan profesional dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia Kementerian Agama yang berkualitas dan berakhlakul karimah adalah visi dari BDK Semarang. Dalam rangka mewujudkan visi tersebut BDK Semarang saat ini melaksanakan pelatihan bagi para Calon Penghulu yang diikuti sebanyak 30 peserta yang dilaksanakan dari tanggal 8 – 31 Mei 2023.

Sebelum  menduduki jabatan fungsional sebagai penghulu, calon penghulu perlu diberi bekal pendidikan dan pelatihan yang terkait dengan jabatannya. Mengingat pentingnya tupoksi penghulu sebagai pembimbing pra pernikahan, menjadi konsultan bagi pasangan menikah atau pasangan yang mengalami masalah dalam pernikahannya, tugas ini menuntut penghulu memiliki wawasan yang luas dan sikap moral yang baik, sehingga dapat menjadi teladan dalam masyarakat.

BDK Semarang berharap setelah mengikuti pembelajaran Pelatihan Fungsional Calon Penghulu, peserta mampu menganalisis ruang lingkup perkawinan dalam fiqih munakahat dan kompilasi hukum Islam dan menganalisis undang-undang perkawinan dan peraturan pelaksanaannya.


Pelatihan dilaksanakan dalam 3 tahapan; yaitu In the Job Training I, yang dilaksanakan di kampus BDK Semarang  dan On the Job Training dilaksanakan di tempat kerja masing-masing. Kegiatan terakhir adalah In The Job Training II yang kembali dilaksanakan di kampus BDK Semarang dengan agenda pembimbingan dan Seminar Hasil OJT pada forum seminar yang dihadiri penguji dan mentor peserta.

Penulis : Muklasin

Editor : Fandy Akhmad

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP