Top
   
(024) 7472551

Dr. H. Muharam M.A., Ph.D. Berharap Ada Perubahan Peserta Setelah Menjalani Diklat di BDK Semarang

Senin, 31 Mei 2021
Kategori: Berita
281 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - Pelatihan Jarak Jauh Periode Mei 2021 yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang telah sampai kepada tahap akhir agenda pelatihan yaitu penutupan. PJJ ini berangsung sejak tanggal 19 Mei - 31 Mei 2021 lalu. Drs. H. Anshori pada kesempatan kali ini menyampaikan laporan penyelenggaraan PJJ Periode 4 tersebut. Sebelum menyampaikan laporannya, Bapak Kepala Balai memperkenalkan para pejabat di BDK Semarang mulai dari Ibu Kasi Tenaga Teknis Hj. Siti Nur Maunah, S.H.I, M.Si., Ibu Kasubag TU Dra. Hj. Siti Barokah, Kasi Tenaga Administrasi Bapak H. Abdul Wahib Amsa, S.H, MH.

Dalam laporannya, beliau menyampaikan bahwa PJJ tahun ini diselenggarakan sejak bulan februari yang lalu, dengan 2446 total peserta, dan 51 Angkatan. Pelatihan yg ditutup pada periode ini adalah sebagai berikut :
1) PJJ Penelitian Tindakan Kelas
2) PJJ Guru Matematika MI Angk. I
3) PJJ Guru Matematika MI Angk. II
4) PJJ Wawasan Kebangsaan Angk. IV (bagi Guru)
5) PJJ Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) MTs
6) PJJ Guru Biologi MA
7) PJJ Guru Fisika MA
8) PJJ Guru Bahasa Indonesia MTs
9) PJJ Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Angk. II
10) PJJ Publikasi Ilmiah bagi Guru Angk. II
11) PJJ Karya Tulis Ilmiah Angkatan III (bagi Penyuluh Agama)
12) PJJ Karya Tulis Ilmiah Angkatan IV (bagi Penyuluh Agama)
13) PJJ Karya Tulis Ilmiah Angkatan V (bagi Penghulu)

Lebih lanjut Bapak Anshori juga menyampaikan bahwa Balai Diklat Keagamaan Semarang telah meraih gelar WBK di tahun 2019. Kemudian dalam rangka meningkatkan integritas BDK Semarang melakukan audit eksternal untuk ISO 9001 2015 dan ISO 307001 2016. Selain itu sekarang ini Balai Diklat Keagamaan Semarang juga sedang melakukan proses re-akreditasi Pelatihan Tenaga Administrasi untuk kebutuhan Latsar.

Kemudian terkait dengan Diklat Reguler, BDK Semarang masih menunggu arahan dari Kepala Badan Litbang tentang Diklat Reguler di tengah pandemi covid 19. Selain itu Bapak Kepala Balai juga menginformasikan bahwa BDK Semarang akan memulai rehab gedung pada bulan juni.

     

Masih pada kesempatan yang sama, Bapak Dr. H. Muharam M.A., Ph.D. menyampaikan terimakasih dan rasa syukur kepada BDK Semarang yang telah menyelenggarakan pelatihan diklat, baik secara langsung maupun secara daring. Fungsi pelatihan/diklat menurut beliau sendiri adalah untuk meningkatkan kemampuan/pengalaman. Maka dari itu Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi baik ASN maupun Non ASN.

"Semua agama berhak untuk mendapatkan layanan dari pemerintah", ujar beliau ketika menyampaikan materi terkait moderasi beragama. Moderasi beragama menurut beliau adalah penting, hal tersebut tidak hanya bagi para penyuluh melainkan penting juga untuk kita semua. Moderasi beragama ini adalah jalan tengah dimana tidak ekstrim ke kanan maupun ke kiri. Hal tersebut untuk mengurangi adanya ketersinggungan antar umat beragama.

"Dengan diklat dari Balai Diklat Keagamaan Semarang saya berharap ada sesuatu yang dapat merubah sikap dari peserta ke arah yang lebih baik dan dapat bermanfaat bagi semua" pesan Bapak Muharam diakhir sambutannya. [Fdy]

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP