Top
   
(024) 7472551

Kepala Balai Buka Latsama PKG PKB Guru Agama Buddha Secara Daring

Senin, 29 Agustus 2022
Kategori: Berita
73 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang Dr. H. Muchammad Toha, S.Ag., M.Si. membuka Pelatihan Kerjasama (Latsama) Penilaian Kinerja Guru Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Agama Buddha secara daring (28/8/2022) . Pelatihan Kerjasama Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan Keagamaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama yang akan berlangsung dari tanggal 29 Agustus - 9 September 2022.



Kepala BDK Semarang dalam sambutan sebagai penyelenggara kegiatan Muchammad Toha menyampaikan kegiatan ini akan dapat berjalan dengan baik jika kita melaksanakan pendidikan seperti yang dilakukan dalam Agama Buddha, terdapat empat sifat luhur yang harus dikembangkan yaitu Metta, Karuna, Mudita Upekkha. Sifat-sifat luhur tersebut sering disebut dengan Brahmavihara.

- Meta yaitu melaksanakan pendidikan dengan kasih sayang tidak memandang siapapun, cinta kasih yang tanpa pamrih dan ikhlas layaknya cinta seorang Ibu kepada anaknya.

- Karuna adalah kasih sayang atau welas asih adalah sesuatu yang dapat menggetarkan hati kita kearah rasa kasihan bila mengetahui orang lain sedang menderita. Sesungguhnya, unsur kasih sayang-lah yang mendorong seseorang menolong orang lain dengan ketulusan hati.

- Mudita yang artinya simpati yaitu perasaan turut berbahagia atas kebahagiaan yang dirasakan orang atau makhluk lain.

- Upekha yaitu batin seimbang merupakan kondisi batin yang tenang dan tak tergoyahkan, baik oleh hal-hal yang membuat kita berbahagia maupun membawa penderitaan.
“Jika pendidikan dilaksanakan dengan 4 strategi tersebut makan pendidikan akan berjalan dengan baik.” Jelas Muchammad Toha.



Sementara Sub. Koordinator Tenaga Teknis Hj. Siti Nur Maunnah, S.H.I., M.Si. pada laporan pelaksanaan menginformasikan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sepenuhnya secara online dengan memanfaatkan platform pembelajaran BLC BDK Semarang dan tatap muka melalui zoom meeting.
“Periode ke dua ini diikuti sebanyak 3 angkatan yang berasal dari lingkup Kanwil Jawa Tengah, Jawa Barat, D.I.Yogyakarta dan Kanwil banten”. tambahnya.

Penulis : Muklasin

Editor : Fandy Akhmad

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP