Top
   
(024) 7472551

Muchammad Toha : Jangan Sedepa pun Saudara Benci pada Negeri ini

Jumat, 03 November 2023
Kategori: Berita
254 kali dibaca

(BDK KITA – Kulon Progo) Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Pada Instansi Pemerintah Bagi Pegawai dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo merupakan bagian dari rangkaian Orientasi periode VIII atau putaran terakhir yang dilaksanakan oleh BDK Semarang di wilayah kerjanya. Pelaksanaan orientasi yang berlangsung selama 4 hari, sejak 31 Oktober sampai 3 November 2023, di bagi dalam 3 angkatan, yakni Angkatan 76, 77 dan 78. Kepesertaan orientasi terdiri dari PPPK Kantor Kementerian Agama Kulon Progo, Purworejo dan Sleman.

Upacara penutupan orientasi PPPK Angkatan 76 dihadiri oleh Kepala BDK Semarang, Dr. H. Muchammad Toha, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo H. Muhammad Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd,. bertempat di Aula Madrasah Aliyah Negeri 1 Kulon Progo. Wahib Jamil dalam sambutannya mengajak kepada peserta untuk terus belajar dan jangan pernah berhenti serta meluangkan waktu khusus untuk belajar baik melalui diklat, bimtek maupun kegiatan lain untuk meningkatkan kompetensi. Kemampuan sesuai dengan tugas masing-masing harus selalu ditingkatkan. (03/11/2023)

Selain itu Wahib Jamil mengingatkan peserta, “Dalam core value BerAKHLAK ada kolaborasi yang senantiasa harus dilakukan. Jika kita selaku pegawai tidak bisa bekerja sama dan berkolaborasi, maka kenikmatan dan kesuksesan hanya kita rasakan sendiri dan itu merupakan sebuah kenikmatan yang semu. Hakikat sebuah keberhasilan bukan karena hasil secara pesonal tetapi berhasil secara kolegial, Itu yang dinamakan kesuksesan yang hakiki.

Sementara Muchammad Toha memberikan arahan kepada para peserta bahwa Pertama, ASN Kementerian Agama memiliki signifikansi yang spesifik sehingga membedakan ASN Kementerian Agama dengan instansi lain. Tunjukkan bahwa Anda pegawai kementerian agama sekurang-kurangnya ASN Kementerian Agama menjadi teladan dan memiliki nilai yang lebih terutama dalam Muru’ah dan moral karena kita penjaga moral”.

“Kedua, ASN Kementerian Agama jangan menjadi beban bagi instansi, justru ASN Kementerian Agama harus dapat meringankan tugas Menteri Agama melalui rumah besar Kementerian Agama, maka dalam bekerja ASN Kementerian Agama jangan diniati hanya mencari makan saja, namun lakukan tugas dan ikhtiar terbaik untuk memperbaiki bangsa dan negara”, kata Muchammad Toha.


Melanjutkan arahannya Muchammad Toha menekankan, “Ketiga, Marilah kita sebagai bangsa Indonesia bangga dan cinta terhadap Republik Indonesia ini. Siapapun yang hadir di negeri ini, menjelek-jelekkan, mengompori negeri ini, itu sejatinya merupakan perompak-perompak negara dengan cara lain yaitu membenturkan kita sesama anak bumi putra Republik Indonesia. Maka jangan sedepa-pun saudara benci pada negeri ini. Ketika saudara masuk sebagai PPPK maka kecintaan Saudara pada negeri ini harus lebih dan jangan kemudian menabur kebencian di antara kita”.

Mengakhiri arahannya dan sebelum menutup orientasi secara resmi, dihadapan 95 peserta, Muchammad Toha berpesan, agar para PPPK dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang didapat dari kegiatan pelatihan ini dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di unit kerja atau instansi masing-masing. Beliau menekankan bahwa para PPPK harus menjadi agen perubahan yang positif dan konstruktif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang keagamaan.


Sementara itu 2 kegiatan Orientasi PPPK lainnya yang bertempat di Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI), juga melaksanakan upacara penutupan. Orientasi PPPK Angkatan 77, ditutup secara resmi oleh M. Dwi Putranto, S.Ag., MM. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag. Kab. Kulon Progo didampingi Sakur panitia orientasi BDK Semarang. Sedangkan Orientasi PPPK Angkatan 78 ditutup secara resmi oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kankemenag. Kab. Kulon Progo H. Saeful Hadi, S.Ag., M.Pd., bersama H. Darwiyanto, S.Pd., M.Pd., Widyaiswara Madya BDK Semarang.



Penulis : Ummul Hidayah, Nuruz Zaman Amsa Fotografer : Puryanto, Wahidin dan Humas Kankemenag. Kab. Kulon Progo

Editor : Tim Publikasi BDK Semarang

Sumber : Panitia ODWK 2023, Tim Publikasi BDK Semarang, Humas Kemenag. Kab. Kulon Progo


Berita Terkait

ARSIP