Top
   
(024) 7472551

Rakor Kediklatan, Langkah BDK Semarang Menuju WBBM

Jumat, 21 Februari 2020
Kategori: Berita
511 kali dibaca

Semarang — Balai Diklat Keagamaan Semarang selesai menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kediklatan Tahun 2020. Kegiatan yang bertempat di Hotel Novotel Solo Jl. Slamet Riyadi No. 272    Kel. Timuran Kec. Banjarsari  Surakarta tersebut berlangsung dari Rabu (19/02/2020) sampai dengan Jum’at (21/02/2020). Tema yang diusung pada rakor tahun ini adalah “Lembaga Diklat ZI_ WBK Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Melalui Inovasi Layanan”.  Peserta terdiri dari pimpinan satker di wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan Semarang meliputi Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah & Kanwil Kemenag Provinsi D.I. Yogyakarta, Kankemenag Kabupaten/ Kota, Perguruan Tinggi Agama Negeri, Balai Litbang Agama Semarang, Balai Diklat Keagamaan Semarang dan Alumni Diklat seluruhnya berjumlah 150 peserta.

Tujuan Rakor Kediklatan Tahun 2020 ini yaitu mendapatkan masukan dari stakeholders bagi Balai Diklat Keagamaan Semarang menuju WBBM melaului inovasi layanan; mendapatkan rumusan langkah- langkah menuju WBBM; menyamakan persepsi tentang kebijakan diklat antara penyelenggara dengan stakeholders eksternal tentang peran kediklatan untuk mewujudkan satuan kerja ZI-WBK di wilayah kerja BDK Semarang; dan mensosialisasikan diversifikasi jenis- jenis Diklat Tahun 2020.

Adapun materi oleh beberapa Narasumber terdiri dari; Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama  (Kebijakan Badan Litbang dan Diklat dalam mewujudkan ZI – WBK di Lembaga Diklat); Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama (Inovasi Layanan  Kediklatan dalam Mewujudkan satker ZI-WBK); Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi  Kementerian Agama  (Peran Diklat dalam Mewujudkan Satker menuju ZI-WBK); Kepala Kanwil Kementerian Agama Jateng (Sinergitas Kanwil Kemenag dengan BDK Semarang dalam mewujudkan satker menuju ZI – WBK di Kankemenag Kabupaten/ Kota); Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jogyakarta  (Dukungan Kanwil Kemenag Terhadap BDK Semarang dalam mewujudkan satker menuju ZI – WBK di Wilayah Kerja BDK Semarang); Pejabat Balai Diklat Keagamaan Semarang (Program Diklat dan Layanan Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2020).

Berbeda dengan format kegiatan rakor kediklatan tahun- tahun sebelumnya yang memunculkan sidang- sidang komisi dan sidang pleno, pada rakor tahun ini secara berurutan materi dipaparkan oleh para narasumber dengan memfasilitasi tanya jawab pada setiap materi, panitia juga membuka sesi khusus penyerapan aspirasi dari para stakeholders. Masukan tersebut dirumuskan sebagai hasil Rakor Kediiklatan Tahun   2020 yang hasilnya dapat diunduh di sini []

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP