Top
   
(024) 7472551

BDK Semarang Terima Kunjungan Benchmarking LDK Bandar Lampung

Selasa, 28 November 2023
Kategori: Berita
228 kali dibaca

(BDK KITA – Semarang) Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang menerima kunjungan Tim Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBK/WBBM) Loka Diklat Keagamaan (LDK) Bandar Lampung. Kunjungan yang berlangsung pada tanggal 28 November 2023 ini merupakan kegiatan Benchmarking Membangun ZI-WBK/WBBM yang dilakukan oleh ketua dan 3 anggota Tim ZI-WBK/WBBM LDK Bandar Lampung. (28/11/2023)

Kedatangan Tim ZI-WBK/WBBM LDK Bandar Lampung yang dipimpin oleh Sri Sunarti, M.Pd., diterima oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha BDK Semarang, Hj. Siti Nur Maunah, S.HI., M.Si., beserta Tim ZI-WBK/WBBM BDK Semarang di ruang rapat lantai 2 Kantor, yang berlangsung secara hangat dan kekeluargaan.

Pada sambutan penerimaan Benchmarking ini, Siti Nur Maunah mengucapkan selamat datang kepada Tim ZI-WBK/WBBM LDK Bandar Lampung. “BDK Semarang di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama merupakan satu-satunya Satker yang meraih Zona Integritas WBK dari tahun 2019 sampai saat ini. Adalah tugas kita bersama untuk spirit WBBM tidak pada kulit saja atau pada administrasi-administrasi saja, tetapi spirit/ruh-nya ada pada isi dari WBBM, juga sama pentingnya. BDK Semarang sejak tahun 2021 telah berjuang keras untuk meraih predikat WBBM dengan ekspektasi yang cukup tinggi, namun belum berhasil meraihnya”, Kata Kasubag TU ini.


“Tahun 2023 ini BDK Semarang sudah di kunjungi dan di nilai Inspektur Jenderal Kementerian Agama, dan hasilnya diminta mempertahankan WBK, mengembangkan inovasi yang sudah dilaksanakan serta meminta komitmen pimpinan untuk meningkatkan kekuatan Zona Integritas’, kata Siti Nur Maunah yang juga Ketua Tim ZI-WBK/WBBM BDK Semarang, disambung dengan mempersilahkan Tim LDK Bandar Lampung untuk berdiskusi Bersama dengan TIM BDK Semarang

Sementara itu Ketua Tim ZI LDK Bandar Lampung Sri Sunarti, M.Pd., “Tujuan Benchmarking ini untuk mengetahui bagaimana membangun Zona Integeritas dimulai dari WBK dan nantinya menuju WBBM. BDK Semarang sudah luar biasa ZI-nya, menjadi salah satu inspirasi kami untuk membangun ZI di Loka Diklat Bandar Lampung”.

Selanjutnya kegiatan Benchmarking dilanjutkan dengan penjelasan ZI-WBK/WBBM BDK Semarang oleh Rr. Sri Sukarni Katamwatiningsih, Koordinator Area 2 Penataan Tata Taksana. Sri Sukarni memulai penjelasannya dengan memaparkan profil BDK Semarang, Capaian Pembangunan ZI, Aktualisasi Pembangunan ZI, BDK Semarang Peduli serta Testimoni dari para user/pengguna layanan BDK Semarang. “Intinya bahwa dalam melaksanakan ZI tidak hanya sekedar administrasi, tapi harus ada komitmen pimpinan, dan melaksanakan program ZI merupakan bentuk dukungan untuk Capaian Kinerja Lembaga/organisasi”, jelas Sri Sukarni.

Selanjutnya Tim ZI-WBK/WBBM BDK Semarang mengajak Tim LDK Bandar Lampung mengunjungi beberapa tempat yang menjadi bagian inovasi layanan pelatihan. Diantara lokasi yang di kunjungi adalah perpustakaan, asrama dengan fasilitas difabel, ruang Zona Integritas, pusat layanan informasi, studio podcast serta studio produksi video pembelajaran.

Sebelum berpamitan Tim ZI-WBK/WBBM LDK Bandar Lampung Sri Sunarti memberikan testimoni, “BDK Semarang luar biasa patut dan layak menjadi WBK dan nantinya menjadi WBBM, terlihat dari apa yang ada di BDK Semarang baik dari sarana-prasarana, fasilitas serta inovasi-inovasinya. BDK Semarang memberikan gambaran bagi BDK-BDK Keagamaan lain atau Loka Diklat Keagamaan, mampu mempertahankan capaian WBK”. (*)


Penulis : Nuruz Zaman Amsa | Fotografer : Qowi Handiko

Editor : Tim Publikasi

Sumber : Tim Publikasi ; Humas BDK Semarang


Berita Terkait

ARSIP