Top
   
(024) 7472551

Jangan Biarkan Malas Belajar Menjalar di Kelas

Rabu, 22 Januari 2020
Kategori: Opini
1037 kali dibaca

       Malas Belajar? Nah, ini dia penyakit paling klasik yang sudah menghantui umat manusia dari generasi ke generasi. Penyakit yang satu ini sering kambuh mendadak tanpa kita duga-duga. Sudah tahu besok mau ulangan, tapi kok rasanya males banget buat buka buku, males banget buat latihan soal, pokoknya males banget nyentuh pelajaran deh! Udah gitu guru atau orangtua dengan entengnya bilang”. Jangan males’ , sebentar lagi kamu ujian lho….”.Ujung-ujungnya, yang jelas sih nasehat ”Jangan males belajar” mau seberapa kali pun lo dengerin nggak akan bikin lo jadi nggak males lagi.

       Hal pertama yang harus dilakukan dalam menghadapi masalah adalah  identifikasi dulu masalahnya. Sekarang apa sih yang menyebabkan anak-anak bisa males, atau lebih spesifiknya males belajar?

       Hal yang sama juga terjadi waktu kita males belajar. Kenapa kok rasanya berat banget buat buka buku pelajaran? Kenapa kok rasanya beban banget buat ngerjain tugas atau PR? Ya, karena lo menganggap belajar adalah sesuatu hal yang nggak menarik, belajar adalah sesuatu kegiatan yang membosankan, yang nggak jelas tujuannya buat apa, dsb. Pola pikir atau mindset dalem otak lo, itulah penyebab utama dari penyakit males.

       Kalo sekarang kita coba sama-sama mikir dalam konteks yang umum yah, apa sih yang membuat kita betul-betul nggak niat melakukan sesuatu? Apa yang membuat kita nggak ada dorongan motivasi sama sekali untuk melakukan hal tersebut? Jawabannya bisa macem-macem, tapi menurut saya yang paling tepat adalah ya karena kegiatan tersebut kita anggap tidak menarik, membosankan, nggak jelas tujuannya buat apa, dan sebagainya.

       Nah, terus kalo kita sudah tahu sebabnya, setelah itu bagaimana dong? Ya kita perbaiki langsung ke sumber masalahnya. Caranya dengan mengubah paradigma kita bahwa belajar itu sebetulnya bisa jadi suatu kegiatan yang enjoyable, yang bisa dinikmati, seru, mengasyikan, bikin penasaran, dan bahkan bisa bikin ketagihan! Ketika itu bisa mengubah cara pandang kita, belajar gak akan lagi jadi hal yang membebani kita, gak akan lagi jadi hal membosankan, bahkan kita gak perlu repot-repot mikirin bagaimana caranya supaya kita termotivasi belajar, karena belajar udah jadi hal yang menyenangkan.

        Ayo kita berproses teman-teman….nikmati alurnya, tidak usah terburu-buru. Ingat! Anak kita bukan robot atau superman. Masa paham mereka pun tidak sama.

Fahimtum….

Semangat…. Bapak dan Ibu Guru….isi tangki yang penuh dulu ya…

Ikhlaskan amalmu….

Serahkan hasilnya padaNya….

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP