Top
   
(024) 7472551

Karopeg Sekretariat Jenderal Kemenag : ASN Kemenag Harus Smart dan Menjadi Perekat Kerukunan

Kamis, 09 November 2023
Kategori: Berita
128 kali dibaca

(BDK KITA - Semarang) Sebagai seorang ASN, ada tiga kompetensi yang harus dimiliki, yaitu: 1. Kompetensi teknis, yaitu kemampuan untuk melakukan tugas dan fungsi sesuai dengan bidang keahlian dan spesialisasi; 2. Kompetensi manajerial, yaitu kemampuan untuk mengelola sumber daya, proses, dan hasil kerja secara efektif dan efisien; 3. Kompetensi sosial kultural, yaitu kemampuan untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Demikian pesan yang disampaikan oleh Kepala Biro Kepegawaian (Karopeg) Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI, Dr. H. Nurudin, S.Pd.I., M.Si, kepada peserta orientasi PPPK yang diselenggarakan oleh BDK Semarang melalui zoom meeting pada Kamis, 9 November 2023.


Dr. Nurudin juga menekankan bahwa ASN harus smart, artinya harus memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai dengan tuntutan zaman dan tantangan global. “ASN jaman ini harus bekerja dengan penuh integritas tinggi, mampu berbahasa asing dan mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi, berjiwa melayani, memiliki mentalitas wirausaha, jaringan luas, serta ramah,” jelasnya.

Di akhir penyampaian materinya, Dr. Nurudin juga berpesan agar ASN Kemenag jangan terlibat dengan politik, jangan sampai menjadi provokator, tetapi harus menjadi perekat kerukunan antar umat beragama. “ASN Kemenag harus menjadi perekat kerukunan dan mengedepankan toleransi dalam menjalankan tugasnya,” tutupnya.


Penulis : Muklasin | Fotografer : Nasyarudin

Editor : Tim Publikasi BDK Semarang

Sumber : Tim Kerja Pelatihan Tenaga Tenaga Administrasi, Tim Publikasi BDK Semarang, Humas BDK Semarang


Berita Terkait

ARSIP