Top
   
(024) 7472551

LAN RI Gali Data Lapangan Penguatan Strategi Peningkatan Kapasitas Lembaga Pelatihan dalam Mengelola Bangkom ASN di BDK Semarang

Senin, 26 Juni 2023
Kategori: Berita
220 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - Bertempat di Ruang Kepala Balai, kegiatan Penggalian Data Lapangan di mulai. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Penguatan Strategi Peningkatan Kapasitas Lembaga Pelatihan dalam Mengelola Bangkom ASN. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. H. Muchammad Toha, M.Si. selaku Kepala BDK Semarang, Hj. Siti Nur Maunah, S.H.I., M.Si. selaku Ka Sub Bag Tata Usaha BDK Semarang, Ida Fitri Dianingrum, S.Pd.I., M.A. selaku Widyaiswara Ahli Muda, dan Muklasin, S.H. selaku Pranata Humas Ahli Muda dari BDK Semarang. Dari pihak LAN, hadir Drs. Haris Faozan, M.Si. selaku Analis Kebijakan Ahli Utama, Muzani M. Mansoer, S.E., M.P.M. selaku Analis Kebijakan Ahli Madya, Agustinus Sulistyo TP, S.E., M.Si. selaku Analis Kebijakan Ahli Madya, dan Hasna Dzakiyya NI, A.Md.Ak. selaku Pengelola Keuangan.


Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BDK Semarang di Ruang Kepala Balai. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa BDK Semarang menjadi satu-satunya di Jawa yang telah menerapkan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan telah mendapatkan akreditasi bintang 1 dari LAN. Beliau juga menyambut baik kedatangan para tamu dari LAN dan berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pelatihan di BDK Semarang.

Sementara Ketua Tim LAN Haris Faozan yang hadir beserta 3 rekannya, memberikan informasi terkait  Saat ini LAN melalui Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi (PIMBANGKOM) ASN pada Tahun 2023 sedang melaksanakan kegiatan “Penguatan Strategi Peningkatan Kapasitas Lembaga Pelatihan dalam Mengelola Bangkom ASN”.

“Akreditasi Lembaga Pelatihan merupakan salah satu upaya yang dilakukan LAN untuk mendorong peningkatan kapasitas lembaga pelatihan dalam mengelola pengembangan kompetensi ASN dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mendalam terhadap hasil Akreditasi Lembaga Pelatihan.” Jelas Haris Faozan.

Melanjutkan rekannya, Muzani M. Mansoer menyampaikan bahwa tujuan penggalian data lapangan ini adalah untuk mengetahui ada apa di BDK Semarang sehingga bisa mencapai akreditasi bintang 1 dan apakah layak atau tidak mendapatkan akreditasi tersebut. Beliau mengatakan bahwa akreditasi bintang 1 merupakan standar minimal yang harus dipenuhi oleh lembaga pelatihan agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta diklat.



Kegiatan penggalian data lapangan ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 26-27 Juni 2023. Selain melakukan wawancara dengan pimpinan dan staf BDK Semarang, tim LAN juga melakukan observasi langsung ke fasilitas dan sarana prasarana yang ada di BDK Semarang. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan dan rekomendasi bagi BDK Semarang dalam meningkatkan kapasitas lembaga pelatihan dalam mengelola bangkom ASN.

Penulis : Muklasin/Latif

Editor : Fandy Akhmad

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP