Top
   
(024) 7472551

PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KOMUNITAS DI WILAYAH KERJA KANKEMENAG KAB. KENDAL

Jumat, 14 Juli 2023
Kategori: Berita
112 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan (BDK) Semarang melaksanakan kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) di Wilayah Kerja (PDWK) pada tahun anggaran 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kreativitas guru madrasah dalam mengembangkan kurikulum merdeka yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi komunitas.

Ada 10 lokus yang menjadi sasaran PDWK IKM BK ini, yaitu di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul. Pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas ini terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu:

  1. Tahap OJT 1 (Massive Online Open Course). Pada tahap ini pelatihan dilaksanakan secara masif melalui aplikasi pintar.kemenag.go.id sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  2. Tahap IST (In Service Training). Setelah mengikuti OJT 1, selanjutnya peserta mengikuti tahap IST yang dilaksanakan secara tatap muka. Pembelajaran pada tahap ini menekankan praktek dan simulasi secara langsung terkait materi Kurikulum Merdeka.
  3. Tahap OJT II (Pendampingan). Pada tahap pendampingan ini peserta mengimplementasikan IKM sesuai dengan desain yang telah disusun oleh tim kerja. Masing-masing peserta melaksanakan tugas sesuai dengan job description yang telah dirancang. Selama pendampingan ini, pendamping melakukan bimbingan, reviu dan refleksi untuk mendiskusikan perkembangan, isu dan solusi selama pendampingan.

Pendampingan ini merupakan bagian dari kegiatan lanjutan program PDWK IKM BK. Pola pendampingan dilaksanakan dengan daring maupun luring yang akan dilaksanakan periode Juli sampai dengan Desember 2023.

Pada kesempatan bulan Juli ini, BDK Semarang mulai melakukan pendampingan periode I di lima lokasi kabupaten/kota, yaitu di madrasah sasaran di Kankemenag Kabupaten Kudus, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kendal.

Kegiatan pendampingan di Madrasah sasaran Kankemenag Kabupaten Kendal ada di lima madrasah, yaitu:

  1. MI NU 71 Unggulan Kabupaten Kendal
  2. MIN 3 Kendal
  3. MI NU 22 Al Islam Jati, Kabupaten Kendal
  4. MTs NU 15 Jurangagung Kabupaten Kendal
  5. MTsN 2 Kendal

Total pendampingan pada IKM BK ini sebanyak 12 kali pendampingan, dengan 4 kali pendampingan secara tatap muka dan 8 kali pendampingan secara online.


Penulis : Erma

Editor : Fandy Akhmad

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP