Top
    bdk_semarang@kemenag.go.id
(024) 7460290 / 0821117777

Seminar Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah oleh Guru Madrasah di Lokasi PDWK Tematik RA Kab. Sukoharjo

Kamis, 25 Maret 2021
Kategori: Berita
1070 kali dibaca

Kab. Sukoharjo, 25 Maret 2021. Pelatihan Tematik RA di Kab. Sukoharjo tengah berlangsung di MIN 2 Kampus 2 Joho Sukoharjo. Ditengah pelatihan, masih bertempat di MIN 2 Kampus 2 Joho Sukoharjo , juga diadakan “Seminar Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah” dengan slogan “Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat”. Pada kesempatan tersebut pula Kepala Seksi Tenaga Teknis Ibu Hj. Siti Nur Maunah, S.H.I, M.Si. yang bertugas untuk mengisi materi Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kementerian Agama pada PDWK Tematik RA Kab. Sukoharjo hari itu turut hadir dalam seminar tersebut.

Selain Ibu Hj. Siti Nur Maunah, S.H.I, M.Si., kedua WI yang bertugas di lokasi tersebut untuk kegiatan PDWK Dra. Budi Lestari, M.Pd. dan Hj. Nurul Kamilati, S.Pd, M.Ed. juga turut hadir untuk mengisi motivasi seminar. “Tidak hanya untuk mencari angka kredit, penulisan PTK juga harus menyasar pada pembelajaran yang lebih berkualitas” Ujar Ibu Nurul. Dengan demikian diharapkan dalam penulisan PTK ini tidak hanyak satu orang saja yang mendapatkan manfaatnya, tetapi juga orang lain, sesama rekan, dan anak didik di sekolah masing – masing.  

Beberapa pemakalah dalam seminar ini adalah hasil dari Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang pernah diadakan di Balai Diklat Keagamaan Semarang, contohnya adalah Ibu Rina Puji Handayani, M.Pd.I yang merupakan alumni Pelatihan Reguler PTM (Penelitian Tindakan Madrasah) tahun 2018 dari MI Walisongo Jagan Bendosari dan juga sebagai pemateri pada “Seminar Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah”.

“Kami mendukung penelitian tersebut akan mendapatkan nilai bulat 4.0, dan Balai Diklat Keagamaan Semarang menunggu kabar baik dari Bapak/Ibu pemateri pada seminar kali ini” kata Ibu Nurul menutup motivasi seminarnya. Selain Ibu Rina Puji Handayani, M.Pd.I., masih terdapat 3 pemakalah lain, mereka adalah Sunarni, S.Ag., Oom Komariah, S.Pd.I., dan Wagimin, S.Ag. Sedangkan untuk narasumber adalah Ibu Kuswahyuningsih, M.Pd.

Ibu Kuswahyuningsih, M.Pd. adalah guru yang berasal dari MAN Sukoharjo dan sekarang ini sedang dalam proses mendapatkan gelar S3-nya. Ketika bertemu dengan kami,  Ibu Kuswahyuningsih, M.Pd  atau yang lebih akrab dipanggil dengan Bu Kuswah menyampaikan bahwa beliau juga alumni dari Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Media Pembelajaran Berbasasis Multimedia pada tahun 2019, dan ditahun ini beliau mengikuti PJJ Publikasi Ilmiah. Ibu Kuswah dalam keterangannya menuturkan bahwa kegiatan ini berasal dari 5 Madrasah di Kabupaten Sukoharjo dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang.

Dalam rangka untuk melengkapi pemenuhan pengembangan diri, peserta yang ikut dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah ini selain mendapatkan ilmu, juga akan mendapatkan undangan seminar, surat tugas, dan sertifikat. “Kegigihan guru, tertip dalam pengarsipan dokumen, selalu upgrade ilmu dan tidak lupa dengan pengelolaan TPG untuk pengembangan diri merupakan saran saya kepada peserta seminar ini” ujar Ibu Kuswah pada akhir wawancara kami.

Dengan adanya seminar tersebut diharapkan para peserta terlebih untuk guru tidak bosan untuk meng-upgrade ilmunya, dan harus tetap gigih dalam berusaha seperti yang  Ibu Kuswahyuningsih, M.Pd. sampaikan, serta dengan adanya seminar ini, antara peserta, pemateri, dan juga narasumber sangat dimungkinkan terjadi tukar informasi yang dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan terkait hal tersebut. [Fdy]

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP