Top
   
(024) 7460290

BDK Semarang Gelar Pelatihan Lesson Study, Inovasi Madrasah, dan Penguatan Penggerak Moderasi Beragama

Selasa, 11 April 2023
Kategori: Berita
188 kali dibaca

BDK KITA, Semarang -- BDK Semarang selenggrakan 7 Kelas Pelatihan yang terdiri dari 3 kelas Pelatihan Lesson Study, 3 kelas pelatihan Inovasi Madrasah Diniyah dan 1 kelas Pelatihan Penguatan Penggerak Moderasi Beragama yang akan berlangsung dari tanggal 10 – 15 April 2023.


Pelatihan Lesson Study dalam rangka untuk meningkatkan aktivitas guru dalam merancang, melakukan, mengobservasi serta refleksi pembelajaran. Aktivitas lesson study dilaksanakan secara kerja sama, mutual learning dan berkesinambungan. Aktivitas lesson study merupakan aktivitas guru yang dilaksanakan secara teratur dan terjadwal dalam usaha meningkatkan mutu pembelajaran, aktivitas ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru lainnya. 

Sementara pada pelatihan Inovasi Madrasah dalam rangka untuk menemukan inovasi  antara lain terkait tata kelola keuangan madrasah, pengukuran kemampuan siswa, pengembangan sistem data pendidikan Islam, serta pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan.


BDK Semarang juga melaksanakan pelatihan penguatan penggerak moderasi beragama. Pentingnya pelatihan tersebut mengingat Indonesia merupakan bangsa yang majemuk. Kemajemukan tersebut merupakan anugerah Tuhan yang patut disyukuri dan perlu dirawat dengan sepenuh hati.Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu dilaksanakan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama bagi PNS Kementerian Agama secara terarah, sistematis, komprehensif dan berkelanjutan. Dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut, diharapkan seluruh PNS Kementerian Agama mempunyai cara pandang, sikap dan praktik beragama yang moderat dan mentaati konstitusi sebagai kesepakatan bersama.

Setelah mengikuti pelatihan tersebut para peserta dapat meningkatkan kompetensi dan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat. Begitu jua bagi para peserta Pelatihan Moderasin Beragama bertujuan untuk membentuk kader Moderasi Beragama dan mampu mendiseminasikan Moderasi Beragama di lingkungan tempat kerjanya dan warga dilingkungan tempat tinggalnya.

Penulis : Muklasin

Editor : Fandy A

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP