Top
   
(024) 7460290

BDK Semarang Selenggarakan 10 Kelas Pelatihan Bulan Oktober ini

Senin, 11 Oktober 2021
Kategori: Berita
257 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - Balai Diklat Keagamaan Semarang KITA selelenggarakan 10 Kelas Pelatihan yang terdiri dari Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) sebanyak 7 kelas, Pelatihan Di Tempat Kerja (PDTK) 2 kelas, serta Pelatihan Kerja Sama (LATSAMA) 1 kelas, serentak dilaksanakan di 9 Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, mulai tanggal 11 sampai dengan 22 Oktober 2021. Adapun alokasi pelatihannya meliputi: Kab. Katen untuk pelatihan PTK dan Pelatihan Teknis Konsesnsus Dasar Bangsa, Kab. Purworejo dan Kab. Sleman untuk Pelatihan Pembelajaran Berbasis Multimedia, Kab. Sukoharjo untuk pelatihan PTK, Kab. Wonogiri dengan Pelatihan Teknis Revolusi Mental, Kab. Gunungkidul dan Kab. Karanganyar untuk Pelatihan Manajemen Pembelajaran, Kab. Bantul dengan Penilaian Berbasis HOTS, dan  yang terakhir di Kab.Magelang dengan Latsama PTK. 

     

Sesuai petunjuk pelaksanaan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan dalam masa pandemi covid - 19, Pelatihan Di Wilayah Kerja(PDWK) dilaksanakan untuk mendorong produktifitas sesuai target dengan tetap melakukan upaya pencegahan dan mengurangi resiko penularan covid - 19 terhadap SDM Kementerian Agama. Maka dari itu, sebelum pelaksanaan kegiatan ini BDK Semarang terlebih dahulu menyampaikan kepada Kankemenag setempat yang menjadi tempat penyelenggaraan untuk mengkonsultasikan penyelenggaraan kegiatan dengan Gugus Tugas Covid-19 setempat, selama penyelenggara, pengajar dan peserta wajib mencegah persebaran covid-19 dengan menerapkan 5 M + 1 D.

Pelatihan diselenggarakan dengan menggunakan metode blended learning yaitu tatap muka dari pukul 07.30 sampai dengan maksimal pukul 12.00 WIB, kemudian pembelajaran dilanjutkan secara online mulai pukul 13.30 dan pengumpulan tugas/LK s.d pukul 21.00 WIB secara daring menggunakan Learning Management System (LMS) blc.bdksemarang.net yang dikelola oleh Widyaiswara dan Panitia. Selain akan mendapatkan materi inti sesuai kurikulum pelatihan masing - masing, peserta juga akan mendapatkan beberapa materi penunjang terkait dengan kebijakan yang akan diampu oleh pejabat dari BDK Semarang dan Kemenag masing - masing lokus. Tim Widyaiswara BDK masing - masing kelas terdiri dari 2 orang yang akan mendampingi kegiatan pembelajaran pada setiap kelas PDWK serta secara administrasi akan dibantu oleh 3 pegawai dimasing - masing kelas. 

    

Seluruh peserta pelatihan diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dari pembukaan sampai kegiatan penutupan, mengerjakan seluruh produk pelatihan yang ditugaskan oleh Widyaiswara, serta aktif dalam memberikan gagasan dan ide - ide konstruktif. Pada awal dan akhir pelatihan seluruh peserta PDWK diberikan kesempatan mengerjakan pre-test dan post-test online untuk mengukur penguasan aspek pengetahun. Selanjutnya setelah mengikuti pelatihan seluruh peserta diharapkan dapat menjadi agen perubahan serta dapat menularkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti pelatihan sehingga akan terus dapat mengembangkan ilmu demi kemajuan di Satkernya masing-masing. [Mk]

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP