Top
    bdk_semarang@kemenag.go.id
(024) 7460290 / 0821117777

Optimalkan Pelaksanaan Aktualisasi Melalui Monitoring dan Evaluasi pada Peserta Latsar Gol. II dan III

Rabu, 21 September 2022
Kategori: Berita
454 kali dibaca

BDK KITA, Semarang - Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi (MONEV) kepada peserta Pelatihan Dasar Gol II dan III CPNS Guna mengoptimalkan pelaksanaan Aktualisasi.

BDK Semarang menugaskan Tim MONEV yang secara umum memantau Aktualisasi dan agenda habituasi peserta Latsar Angkatan I, II dan III. Secara khusus, Tim Monev memantau pelaksanaan aktualisasi dan habituasi yang telah dibuat secara terstruktur, melihat progress dari tiap tahapan kegiatan dan bukti-bukti pendukung dari Rancangan Aktualisasi, serta untuk mengetahui ada atau tidak kendala/hambatan dalam pelaksanaan dan cara mengatasinya.

Output pelaksanaan MONEV agar hasil Laporan Aktualisasi (LA) tiap-tiap peserta siap untuk presentasikan dalam Seminar pada tahap III pembelajaran Klasikal yang direncanakan dimulai tanggal 10 – 15 Oktober 2022. Outcome LATSAR disamping peserta mampu berperilaku sebagai ASN yang menunjukkan Nilai-nilai BerAKHLAK, juga mampu memecahkan Isu-isu strategis di tempat kerjanya sebagai sebuah Inovasi dalam bentuk sebuah Laporan Aktualisasi yang bermanfaat dan berkelanjutan di unit kerja masing-masing peserta.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 18 TIM pada pekan ini mulai tanggal 19 – 24 September 2022. Sasaran Tim MONEV, dengan sasaran 111 Peserta LATSAR yang merupakan CPNS yang berasal dari lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dan Balai Litbang Agama Semarang.

Pelatihan Dasar dimulai sejak tanggal 8 Agustus – 15 Oktober. Tahap I Pembelajaran E-Learning selama 22 hari (217 JP), telah diselesaikan oleh peserta pada tanggal 8 Agustus - 1 September 2022 melalui pembelajaran Syncronus (video conference) maupun Asyncronus (Waktu Fleksbel). Selanjutnya memasuki tahap II, Peserta melaksanakan Aktualisasi mulai tanggal 2 September – 7 Oktober 2022 ditempat kerja asal peserta. Pada Tahap Aktualisasi ini, peserta melaksanakan pembelajaran dengan agenda hari ke 1 – 28, melaksanakan kegiatan aktualisasi/Habituasi dari Rancangan Aktualisasi.

Penulis : Muklasin

Editor : Fandy Akhmad

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP