Top
   
(024) 7472551

Pembukaan PDWK Manajemen Kemasjidan di Wilayah Kankemenag Kab. Banyumas

Senin, 11 Desember 2023
Kategori: Berita
125 kali dibaca

(BDK Semarang – Kab. Banyumas) Minggu kedua bulan Desember, Balai Diklat Keagamaan Semarang menyelenggarakan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) di 7 wilayah Kantor Kementerian Agama di Prov. Jawa Tengah. Pelatihan tersebut antara lain Manajemen Kemasjidan di Wilayah Kankemenag. Kabupaten Banyumas, Kebumen, Grobogan dan Pati. Selanjutnya pelatihan Keluarga Sakinah di Wilayah Kankemenag. Kabupaten Pekalongan dan Brebes. Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai dengan 15 Desember 2023, yang diikuti oleh 25 peserta pada setiap kelas pelatihan.

Pada pelaksanaan PDWK Manajemen Kemasjidan di Kankemenag Kab. Banyumas, pelatihan bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banyumas, dengan kepesertaan dari unsur Takmir Masjid. Upacara pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh H. Wahyu Fauzi Aziz, S.H, M.Si. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag. Kab. Banyumas, H. Darwiyanto, S.Pd., M.Ed., H. Drs. H. Teguh Suyitno, M.Pd yang merupakan para Widyaiswara BDK Semarang serta H. Saridin, S.Ag., M.Pd.I. Kepala MIN selaku tuan rumah.

Mewakili Kepala BDK Semarang, Darwiyanto dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan pelatihan manajemen kemasjidan ini juga berlangsung di beberapa kabupaten di Jawa Tengah. Kami dari BDK Semarang mengucapkan terima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas atas sinerginya untuk penyelenggaraan pelatihan bagi pengurus takmir masjid yang ada di Kabupaten Banyumas ini”. (11/12/2023)

Adanya pelatihan ini sesuai arahan Menteri Agama melalui program revitalisasi masjid ini, harapannya bisa menambah wawasan pengetahuan baru bagi para takmir masjid dalam mengelola masjid, tambah Darwiyanto.

Fauzi Aziz saat mewakili Kepala Kankemenag. Kab. Banyumas mengatakan, “Kami mengapresiasi dengan adanya pelatihan ini. Kami menghimbau kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, untuk menambah wawasan terkait manajemen kemasjidan, yang nantinya bisa di implementasikan di masjid masing-masing".

Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah saja. Tetapi juga sebagai tempat pemberdayaan ekonomi umat, pemberdayaan kemakmuran masjid dan sebagainya. Banyak sekali fungsi-fungsi masjid. Ini menjadi pekerjaan rumah kita semua untuk mengelola masjid seperti yang tadi saya sampaikan, kata Kasubag TU Kemenag. Kab Banyumas ini.

Melanjutkan sambutannya, Fauzi Aziz mengungkapkan, “Kami akan mengadakan kerjasama dengan stakeholder yang ada guna pemberdayaan ekonomi masjid. Anggaran sudah ada tinggal nanti teknisnya. Banyak kegiatan yang dapat menyentuh masyarakat melalui fungsi masjid ini”.

"Tumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan masjid, dalam mengelola keuangan atau pengelolaan yang lain, sehingga masyarakat makin sering datang ke masjid untuk beribadah maupun mendapatkan pelayanan lainnya”, pesan Fauzi Azis mengakhiri arahanya. Selanjutnya Fauzi Aziz membuka secara resmi pelatihan ini dengan  dengan membaca Basmalah dan ditandai pemukulang Gong disaksikan Darwiyanto, Teguh Suyitno, Saridin dan seluruh peserta. (*)

Penulis : Muklasin | Kontributor Foto : Sakur

Editor : Tim Publikasi BDK Semarang

Sumber : Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Panitia PDWK & Tim Publikasi


Berita Terkait

ARSIP