Top
   
(024) 7460290

Pembukaan PDWK Periode 1 Balai Diklat Keagamaan Semarang - Pelatihan Internalisasi Nasionalisme Berbasis Nilai - Nilai Agama dan Manajemen Perpustakaan Kab. Temanggung

Senin, 22 Februari 2021
Kategori: Berita
423 kali dibaca

Kab. Temanggung - 22 Februari 2021. Balai Diklat Keagamaan Semarang (BDK Semarang) selenggarakan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) dengan materi Pelatihan Internalisasi Nasionalisme Berbasis Agama di Wilayah kerja Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung dan Manajemen Perpustakaan Kab. Temanggung. Pelatihan ini diselenggarakan mulai tanggal 22 sampai dengan 27 Februari 2021, yang bertempat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Temanggung.

Pada kegiatan upacara pembukaan H. Abdul Wahib Amsa selaku Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi Balai Diklat Keagamaan Semarang mengatakan, “Mulai luntur dan tergerusnya rasa Nasionalisme bangsa ini, minimal bisa kita lihat mulai nampaknya perilaku membanggakan budaya lain”. Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir lunturnya rasa nasionalisme mulai mengarah pada perpecahan. Hal ini sangat ironis, seharusnya disamping sebagai bangsa yang majemuk, bangsa Indonesia juga terdiri dari berbagai macam pemeluk agama. Agama harus juga menjadi pilar utama dalam menumbuhkan, memupuk dan merawat Nasionalisme guna tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam pelatihan tersebut selain dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, juga dilantunkan lagu Zona Integritas Kemenag Kab. Temanggung yg diciptakan dan diaransemen oleh ASN Kemenag Temanggung. Mengawali sambutannya Kakankemenag memaparkan isi lagu tersebut yg merupakan cita - cita Kemenag Temanggung melaksanakan ZI menuju WBK dan WBBM. Dengan diperdengarkan lagu tersebut secara berulang, menurut kakankemenag, "akan menjadi Repetitive Magic Power, artinya dengan mengulang kalimat, lagu, kata, mk nilai-nilai yg terkandung di dalamnya akan tertanam di alam bawah sadar dan menjadi karakter yg men-drive kebiasan", sehingga ZI akan terlaksana dan didukung oleh semua elemen jajaran Kankemenag Kab. Temanggung. 

Dalam sambutannya H. Ahmad Muhdzir, S.Ag, MM Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dalam sambutanya, “Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, yang berada dilingkungan yang penuh nilai-nilai religiusitas dan mempunyai budaya kehidupan keberagamaan mengedepankan sikap moderat, harus mampu menjadi contoh bagi kementerian lain dalam menumbuhkan dan merawat Nasionalisme”. Beliau mengatakan bahwa rasa pada masa pra-kemerdekaan para tokohn - tokoh militer sering sowan para Kyai/Ulama di daerah Temanggung, salah satunya Kyai Subkhi Parakan,  guna mendapatkan dukungan spiritual dalam rangka membangkitkan rasa perjuangan meraih kemerekaan bangsa ini. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada BDK Semarang selaku penyelenggara pelatihan dan memberikan dukungan sebesar-besarnya pada kegiatan pelatihan ini.

Kegiatan pelatihan ini di ikuti oleh seluruh pegawai dibawah Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, yang terdiri dari ASN, PPPK dan unsur masyarakat dari Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Temanggung. Upacara pembukaan ini dihadiri juga oleh Musiri selaku Kasi Bimas Islam Kankemenag Kab. Temanggung, H. Khaerun Kepala MTsN 2 Temanggung serta beberapa Widyaiswara BDK Semarang. [Nurzaman/Chilman]

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP